3 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

By | June 1, 2022

Kosongin.com – Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi tentunya menjadi hal wajib untuk menjaga kesehatan. Satu di antara jenis buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah anggur.

Beberapa orang mungkin belum mengetahui bahwa buah mungil berbentuk bulat ini mengandung banyak manfaat baik yang bisa menunjang kesehatan tubuh.

Buah anggur mengandung polifenol, yaitu senyawa pemberi warna alami, dan bisa memberikan tubuh perlindungan dalam melawan radikal bebas. 

Rasanya yang asam namun sedikit manis, menjadikan buah ini favorit banyak kalangan. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan atau membuatnya menjadi jus yang lezat.

Secara umum anggur memiliki kandungan berupa serat, air, vitamin A, vitamin C, protein, kalsium, dan asam lemak. Beberapa kandungan itu baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: GoArt v3.1.0.41 APK Aplikasi Editing Terbaik Di Dunia

1. Menurunkan Risiko Kanker

Satu di antara manfaat anggur adalah melindungi Anda dari risiko kanker. Kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Satu di antara bentuk polifenol adalah resveratrol, yang kerap ditemukan pada anggur merah. 

Resveratrol ini mampu menurunkan risiko tumor kelenjar getah bening, hati, payudara, kolon serta kanker kulit. Selain resveratrol, ada pula kuersetin yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.

2. Meningkatkan Gen Pembasmi Kuman 

Manfaat anggur dalam meningkatkan gen pembasmi kuman telah diteliti di Amerika Serikat. Penelitian tersebut menemukan bahwa buah anggur mengandung senyawa pterostilbene.

Senyawa ini meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri.

Penelitian tersebut melakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Hasilnya, terdapat dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. 

Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur sehingga terdapat juga pada minuman anggur. Sementara, pterostilbene banyak dijumpai pada bluberi dan anggur.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Manfaat anggur juga terkait dengan penyakit jantung. Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa resveratrol dan kuersetin dapat menurunkan risiko atheroskelosis dan melindungi kerusakan akibat kolesterol jahat. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat dikurangi. 

Selain itu, anggur mengandung serat dan potasium sehingga manfaat anggur ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Sumber : www.bola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *