Kenali Berbagai Jenis Asuransi Yang Dibutuhkan

By | May 20, 2022

Kosongin.com – Kata “Asuransi” tentu sudah tidak asing lagi bagi di telinga banyak orang. Meski istilah “Asuransi” sudah populer, namun mayoritas penduduk Indonesia masih belum banyak yang memiliki Asuransi.

Mengacu pada data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemahaman masyarakat Indonesia akan Asuransi dan penggunaannya masih minim.

Hal ini tercermin dari tingkat penetrasi atau kepemilikan Asuransi oleh masyarakat Indonesia. Menilik data OJK yang dikutip Bisnis Indonesia, Juli 2021, tingkat penetrasi Asuransi pada tahun 2019 mencapai 2,81%. Angka ini meningkat menjadi 2,92% pada 2020 dan 3,11% pada Juni 2021.

Kondisi ini disebabkan oleh ketidakpahaman masyarakat ketika membeli polis dan proses klaim Asuransi tersebut. Sebab lain juga dipicu dengan beragamnya jenis Asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi. Akibatnya, banyak orang, utamanya mereka yang baru mengenal Asuransi bingung dalam memahami manfaat dari masing-masing Asuransi yang ditawarkan.

Baca Juga: Tips Mulai Bisnis Usaha Warnet Dirumah

Sebelum mencari tahu manfaat Asuransi, mari kita pahami bersama mengenai Asuransi. Mengacu pada situs OJK, Asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan Asuransi (sebagai penanggung) dan masyarakat (sebagai pemegang polis).

Hak dan kewajiban antara jasa layanan Asuransi dan pemegang polis sudah diatur. Di mana pemegang polis berhak mendapatkan proteksi atas penggantian kehilangan, kerusakan, hingga kematian dari penyedia jasa layanan Asuransi. Namun, hak akan diperoleh ketika pemegang polis melakukan kewajiban pembayaran premi kepada pihak perusahaan Asuransi.

Pada dasarnya, Asuransi menawarkan manfaat yang baik dalam meminimalisasi risiko akan ketidakpastian yang datang tanpa diduga.

Setidaknya, ada lima manfaat Asuransi yang bisa Anda peroleh, yaitu:

  • Melindungi pendapatan dari risiko yang datang tiba-tiba.
  • Melindungi uang yang disimpan untuk mewujudkan rencana masa depan.
  • Melindungi masa depan keluarga ketika kematian datang.
  • Melindungi kesehatan fisik dan mental ketika terjadi risiko kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan masa depan dari investasi.

Berikut Jenis Asuransi yang Bisa Anda Pilih

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini akan memberikan keuntungan finansial ketika kematian datang, sakit tiba-tiba, atau menderita cacat tetap total maupun sebagian akibat kecelakaan atau penyakit.

Sebelum memilih Asuransi jiwa, pahami sistem dan metode yang ditawarkan. Ada jasa penyedia Asuransi yang memberlakukan sistem pembayaran setelah kematian. Namun, ada pula yang memperbolehkan Pemegang Polis untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk Asuransi yang populer. Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi finansial Anda dalam menanggung biaya mulai dari proses perawatan sakit yang diderita hingga sembuh.  Pada umumnya, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh Asuransi ini meliputi cacat, sakit, hingga kematian.

Untuk memilih jenis Polis yang akan diambil, Anda boleh saja menyesuaikan dengan kemampuan finansial. Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli produk Asuransi kesehatan, Anda boleh memilih produk Asuransi kesehatan yang mencakup rawat inap saja atau pun hanya rawat jalan saja.

3. Asuransi Pendidikan

Mempersiapkan dana pendidikan sejak dini menjadi cara untuk melindungi masa depan anak Anda. Asuransi pendidikan adalah salah satu pilihan yang memberikan keuntungan proteksi akan pendidikan.

Ada dua jenis Asuransi pendidikan yang ditawarkan, yaitu Asuransi dwiguna dan Asuransi unit link. Asuransi dwiguna, merupakan produk gabungan antara proteksi jiwa yang dikombinasikan dengan instrumen pasar seperti deposito. Asuransi jenis ini akan melindungi biaya pendidikan anak bila orang tua mendadak meninggal atau cacat total hingga tidak mampu lagi mencari nafkah.

Asuransi pendidikan unit link, merupakan kombinasi antara Asuransi jiwa dan investasi. Keuntungan dari komponen investasi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan anak.

Sumber : manulife.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *