Macam-Macam Gerak dan Jenis Otot Antagonis

By | December 26, 2020
Macam-Macam Gerak

Macam-Macam Gerak

Macam-Macam Gerak

Macam-Macam Gerak – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang sistem otot pada manusia. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang macam-macam gerak pada otot. Jaringan otot adalah sekumpulan sel yang terspesialisasi untuk kontraksi. Kontraksi tersebut akan menggerakan organ-organ tubuh. Terdapat tiga jenis otot, yaitu otot polos, lurik dan jantung.

Saat kalian melakukan aktivitas, seperti tidur, duduk, berdiri, berlari, sebenarnya kalian sedang menggerakkan otot-otot dalam tubuh. Gerakan otot tersebut ada yang bekerja secara antagonis maupun sinergis. Untuk memahami lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Berdasarkan sifat kerjanya, otot dibedakan menjadi dua, yaitu sinergis dan antagonis.

🎯 Sinergis, yaitu gerakan dua otot atau lebih yang sama-sama berkontraksi atau sama-sama berelaksasi, contohnya otot-otot pronator yang terletak di lengan bagian bawah. Otot pronator dibagi menjadi dua macam, yaitu otot pronator teres dan otot pronator kuadratus. Kedua otot tersebut bekerja sama untuk menggerakkan telapak tangan, seperti menelungkup dan menengadah. Supinasi adalah gerak menengadahkan tangan, sedangkan pronasi adalah gerak menelungkupkan tangan. Kedua gerakan ini seolah-olah melingkari satu sumbu sentral, sehingga disebut juga rotasi. Perhatikan gambar berikut.

Macam-Macam Gerak

🎯 Antagonis, yaitu gerakan dua otot yang saling berlawanan di mana salah satu berkontraksi dan yang lain berelaksasi. Untuk menghasilkan gerakan, otot harus bekerja secara berpasangan dengan otot lain. Otot yang sedang berkontraksi akan menggerakan tulang yang dilekatinya ke suatu arah, misalnya otot bisep dan otot trisep.

Gerak fleksi terjadi karena bisep berkontraksi dan trisep berelaksasi. Sebaliknya, gerak ekstensi terjadi karena bisep berelaksasi dan trisep berkontraksi. Otot bisep disebut fleksor, karena saat berkontraksi akan menyebabkan gerak fleksi, sedangkan, otot trisep disebut ekstensor karena saat berkontraksi akan menyebabkan ekstensi.
Macam-Macam Gerak

Berikut ini merupakan macam-macam otot berdasarkan macam gerakan yang ditimbulkan.

  1. Otot fleksor, yaitu otot yang menyebabkan gerak fleksi (menekuknya bagian tubuh), misalnya siku dan lutut.
  2. Otot ekstensor, yaitu otot yang menyebabkan gerak ekstensi (melurusnya bagian tubuh), misalnya siku dan lutut yang tadinya menekuk menjadi lurus kembali.
  3. Otot adduktor, yaitu otot yang menyebabkan gerak adduksi (gerak anggota tubuh mendekati sumbu tubuh).
  4. Otot abduktor, yaitu otot yang menyebabkan gerak abduksi (gerak anggota tubuh menjauhi sumbu tubuh).
  5. Otot rotator, yaitu adalah otot yang menyebabkan gerak rotasi (gerak memutar), contohnya gerakan kepala berputar ke kiri dan ke kanan.
  6. Otot supinator, yaitu otot yang menyebabkan gerak supinasi (gerak telapak tangan membuka).
  7. Otot pronator, yaitu otot yang menyebabkan gerak pronasi (gerak telapak tangan menelungkup).
  8. Otot depresor, yaitu otot yang menyebabkan gerak depresi, contohnya gerak turunnya rahang bawah pada saat mengunyah makanan.
  9. Otot elevator, yaitu otot yang menyebabkan gerak elevasi, contohnya gerak naiknya rahang bawah pada saat mengunyah makanan.

Berikut ini merupakan jenis otot antagonis.

Ekstensi-Fleksi

Ekstensi adalah gerak meluruskan, sedangkan fleksi adalah gerak membengkokkan. Contoh gerak ekstensi dan fleksi.
Macam-Macam Gerak
1. Ekstensi

  • Saat berdiri, kaki berada dalam posisi lurus.
  • Saat meluruskan tangan.
  • Gerak ekstensi yang melebihi posisi anatomi tubuh disebut hiperekstensi.

2. Fleksi

  • Saat jongkok, kaki berada dalam posisi menekuk.
  • Gerak membengkokkan tangan.

Abduksi-Adduksi

Abduksi adalah gerakan menjauhi badan, sedangkan adduksi adalah gerakan mendekati badan. Contoh abduksi adalah gerak tangan sejajar baju, sedangkan contoh adduksi adalah gerak sikap sempurna.

Macam-Macam Gerak

Depresi-Elevasi

Depresi adalah gerak menurunkan, sedangkan elevasi adalah gerak mengangkat, misalnya gerakan menunduk dan menengadah atau gerakan rahang ketika mengunyah makanan. Perhatikan gambar berikut.
Macam-Macam Gerak

Inversi-Eversi

Inversi merupakan gerak memiringkan telapak kaki ke dalam tubuh, sedangkan eversi merupakan gerak memiringkan telapak kaki ke arah luar. Perhatikan gambar berikut.
Macam-Macam Gerak

Gerakan Otot Intercostal ketika inspirasi dan Ekspirasi

Saat inspirasi, otot intercostal luar akan berkontraksi, sedangkan otot intercostal dalam akan berelaksasi. Sebaliknya, saat ekspirasi, otot intercostal luar akan berelaksasi, sedangkan otot intercostal dalam akan berkontraksi.

Untuk mengasah pemahaman kalian tentang macam-macam gerak, kerjakan soal-soal yang telah tersedia. Selamat belajar!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *