Manfaat Buah Dukuh Bagi Ibu Hamil

By | October 21, 2022

Manfaat Buah Dukuh Bagi Ibu Hamil – Di awal tahun, Mama bisa menemukan banyak pedagang atau toko buah yang menjajakan duku. Buah yang berbentuk bulat dan berkulit tebal ini disukai banyak orang karena rasanya yang manis.

Bukan cuma manis dan enak, duku juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kandungan serat yang dapat mencegah sembelit serta vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Ibu hamil diwajibkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi. Nutrisi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh serta mendukung pertumbuhan janin. Tetapi tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko bagi kehamilan.

Bagaimana dengan duku, apakah ibu hamil boleh mengonsumsinya? Rangkuman informasi tentang buah duku, kandungan gizi, manfaat, dan risikonya dapat Mama simak pada ulasan berikut ini.

Baca Juga: Beberapa Cara Download Video Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Tidak ada larangan konsumsi duku bagi ibu hamil. Namun untuk menghindari risikonya, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi duku dalam jumlah berlebihan.

Risiko yang mungkin dialami antara lain diabetes gestasional, mag, kenaikan berat badan secara berlebih, dan kenaikan trigliserida.

Manfaat Konsumsi Duku Saat Hamil

Semua kandungan vitamin dan mineral tersebut akan memberikan manfaat bagi ibu hamil, yaitu:

1. Sumber antioksidan

Dari hasil penelitian mengenai buah-buahan tropis oleh Monash University, duku merupakan salah satu sumber antioksidan. Ini dapat membantu tubuh untuk menangkal zat-zat berbahaya.

2. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah posisi rahim yang berada tepat di atas saluran kemih. Saat kehamilan semakin membesar, berat ada janin akan menekan kandung kemih, sehingga bakteri terjebak dan berkembangbiak di dalamnya.

Kandungan asam lansionat pada duku dapat membantu mencegah infeksi jamur, salah satunya Candida albican penyebab infeksi saluran kemih.

3. Mencegah sembelit

Ibu hamil juga sering mengalami sembelit. Adanya perubahan pada fisiologis dan anatomis saluran pencernaan bisa menjadi alasan utama timbulnya sembelit pada ibu hamil. Mulai dari perubahan kadar hormon, rahim yang semakin membesar, serta peningkatan penyerapan air di dalam usus.

Nah, asupan serat yang cukup sangat penting untuk mengatasi dan mencegah sembelit, Ma. Dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan ibu hamil.

4. Meningkatkan energi

Mudah lelah adalah hal yang normal saat hamil. Tubuh Mama sedang merawat janin dan mempersiapkan kelahirannya. Vitamin B yang ada pada duku dapat membantu mengatasinya.

Konsumsi duku membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi juga menjaga fungsi saraf.

5. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit

Saat hamil, tubuh bekerja sangat keras sehingga daya tahannya menurun. Mama dapat mengatasinya dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C.

Buah duku juga mengandung vitamin C yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber : popmama.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *