Manfaat Dan Khasiat Buah Dukuh Bagi Kesehatan

By | June 24, 2022

Kosongin.com – Meski buah ini cukup populer, tidak semua orang tahu manfaatnya. Rasanya yang beragam mulai dari manis hingga asam membuat duku menjadi buah yang banyak diincar. Apa saja sih manfaat buah duku? Yuk, simak ulasannya!

Buah duku atau Lansium parasiticum adalah jenis buah yang masih satu keluarga dengan buah langsat. Perbedaannya, buah duku memiliki daging yang lebih tebal, rasa yang lebih manis, dan lebih tahan lama.

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah duku mengandung berbagai macam nutrisi yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh

Meski ukurannya kecil, duku adalah buah yang kaya akan nutrisi. Mari kita bahas satu per satu manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah sembelit

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

Nah, salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku. Pasalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

Baca Juga: CCleaner Aplikasi Pembersih Perangkan Ponsel Terbaik 2022

2. Menambah energi dan menjaga sistem saraf

Manfaat buah duku selanjutnya adalah untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Hal ini karena buah duku mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerna lemak

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Sumber : hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *