Peluang Bertahan Persuhaan Asuransi Motor

By | May 31, 2022

Kosongin.com – Asuransi sudah tak asing lagi di telinga kita Banyak orang yang tertarik akan asuransi, sebab adanya asuransi dapat mengurangi kerngian secara finansial yang diakibatkan oleh kejadiankejadian yang secara tiba-tiba yang tidak diharapkan.

Yang akan dibahas di sini adaJah perusahaan asuransi yang menangani kendaraan motor lika nanti ditemukan kata perusahaan asuransi (insurer), maka yang dimaksud di sini adalah perusahaan asuransi motor. Salah satu contoh kejadian yang sering terjadi adalah tabrakan yang sangat merugikan bagi pemilik kendaraan tersebut.

Tetapi jika pemilik kendaraan motor tersebul telah menjadi peserta asuransi, maka kerugian yang diderita akan berkurang dengan adanya jaminan dan perusahaan asuransi tersebut Resiko seseorang mengalami peristiwaperistiwa seperti di atas memang tidak bisa diperhitungkan secaca pasti.

Namun dalam perasuransian resiko tersebut dapat dialihkan ke dalam sekelompok besar orang di mana resiko perorangan dibagi rata pada banyak orang (peser1a asuransi) Asuransi merupakan cara pengelolaan resiko yang ekonomis dan tepai guna, karena asuransi adalah pemindahan resiko mumi dari peserta asuransi kepada perusahaan asuransi.

Baca Juga: 3 Aplikasi Edit Video Terbaik Android Di Tahun Ini

Perusahaan asuransi merupakan salah satu kegiatan bisnis yang dapat mendatangkan kamtungan bagi pemiliknya namun seperti halnya bisnis yang lain, perusahaan asuransi dapat juga mengalami kerugian yang akhirnya dapat menyebabkan kebangkrutan.

Perusahaan asuransi akan tetap bertahan jika total klaim yang hams dibayar oleh perusahaan asuransi tersebut lebih keeil atau setidaknya sarana dengan total dana bersih yang tersedia. Total dana bersih adalah dana awal yang dimiliki ditambah total premi yang diterima ditambah dana yang berasal dan sumber lainnya dikurangi pengeluaran lainnya.

Tetapi jika total klaim lebih besar dari total dana bersih yang tersedia, maka perusahaan asuransi tersebut akan mengalami kerugian yang pada akhirnya akan mengakibatkan kebangkrutan. Komponen yang mempengaruhi total dana bersih yang tersedia adalah total premi yang harus dibayar oleh para pemegang polis (nasabah). yaitu orang-orang yang lelah menjadi peserta asuransi.

Meskipun besamya premi yang dibebankan kepada setiap individu pemegang polis asuransi telah ditetapkan berdasarlcan perhitungan, namun kerugian bisa saja terjadi. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya klaim yang datans, yang mengakibatkan nilai total klaim sangat besar.

Sehingga melebihi total dana yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut semua itu tidak dapal diprediksi karena kedatangan klaim tersebut merupakan kejadian aeak dan besarnya klaim merupakan peubah acak. Perusahaan asuransi berusaha melindungi perusahaannya dari kebangkrutan.

Dengan kata lain agar perusahaannya tetap benahan, maka perusahaan asuransi akan mengasuransikan kembali (reinwralce) perusahaannya kepada perusahaan asuransi lain yang lebih hesar atau lebih kuat. Sehingga perusahaan asuransi tersebut membayar premi dan dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi yang lebih besar.

Sumber : repository.ipb.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *