Pengertian Echinodhermata – Ciri-Ciri, Habitat, Klasifikasi dan Reproduksi

By | December 29, 2020
Pengertian Echinodhermata – Ciri-Ciri, Habitat, Klasifikasi dan Reproduksi

Pengertian Echinodhermata – Ciri-Ciri, Habitat, Klasifikasi dan Reproduksi

Pengertian Echinodhermata – Ciri-Ciri, Habitat, Klasifikasi dan Reproduksi

Pengertian Echinodhermata – Ciri-Ciri, Habitat, Klasifikasi dan Reproduksi – Pada topik sebelumnya, kalian telah mengenal hewan. Pada topik ini, kalian akan belajar tentang filum echinodermata. Pernahkah kalian melihat teripang? Teripang termasuk salah satu hewan yang dikelompokkan dalam filum echinodermata. Untuk memahami lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Kata echinodermata, berasal dari bahasa Yunani, yaitu kulit berduri, adalah sebuah filum yang mencakup bintang laut, teripang, dan beberapa kerabatnya. Echinodermata dapat ditemukan di hampir semua kedalaman laut. Filum ini muncul di periode Kambrium awal dan terdiri dari 7.000 spesies yang masih hidup dan 13.000 spesies yang sudah punah.

Banyak anggota filum ini yang berperan besar dalam pelestarian ekosistem laut, terutama ekosistem litoral pantai berbatu, terumbu karang, perairan dangkal, dan palung laut, misalnya spesies bintang laut Pisaster ochraceus yang menjadi predator utama ekosistem pantai berbatu di pesisir barat Amerika Utara. Spesies ini dapat mengendalikan populasi tiram biru (Mytilus edulis), sehingga spesies yang lain dapat menghuni pantai tersebut. Contoh lain adalah Acanthaster planci yang memakan polip karang di perairan Indo-Pasifik. Meskipun sering dianggap desktruktif, ada beberapa teori yang mengatakan bahwa A. planci sebenarnya adalah predator yang penting untuk ekosistem terumbu karang. Hal itu karena keberadaannya dapat mengurangi tekanan kompetisi antarspesies karang.

Echinodermata dapat melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang, contohnya timun laut. Saat terancam oleh keberadaan musuh, timun laut akan menyemprotkan organ tubuhnya agar dapat melarikan diri. Kemudian, organ tubuh yang hilang tersebut akan tumbuh kembali.

Cara Hidup Echinodermata

Echinodermata merupakan hewan yang hidup bebas dan memakan kerang, plankton, dan organisme yang mati atau membusuk.

Habitat Echinodermata

Echinodermata hidup bebas di dasar laut, dari daerah pantai sampai laut dalam.

Reproduksi Echinodermata

Banyak anggota filum Echinodermata yang memiliki sistem reproduksi sederhana. Fertlisasi berlangsung secara eksternal di mana gamet dikeluarkan ke dalam air, sehingga air menjadi media fertilisasi. Zigot berkembang menjadi larva simetri bilateral bersilia. Larva tersebut menetap di dasar laut dan memakan plankton, kemudian mengalami metamorfosis menjadi individu dewasa dengan simetri radial. Hewan ini juga dapat melakukan regenerasi.

Peran Echinodermata

Echinodermata dimanfaatkan oleh manusia untuk hal-hal berikut.

🔗 Makanan, misalnya telur landak laut yang banyak dikonsumsi di Jepang dan keripik timun laut yang banyak dijual di sidoarjo, Jawa Timur.

🔗 Bahan penelitian mengenai fertilisasi dan perkembangan awal. Para ilmuwan biologi sering menggunakan gamet dan embrio landak laut. Namun, binatang laut sering dianggap merugikan oleh pembudidaya tiram mutiara dan kerang laut karena binatang laut merupakan predator hewan-hewan budidaya tersebut.

Ciri-ciri Echinodermata

1. Hidup di laut

2. Tripoblastik selomata

3. Rangka endoskeleton

4. Tubuhnya simetri radial

5. Kulit tubuh terdiri dari zat kitin

6. Mempunyai ambulakral

7. Memiliki sistem penceranaan yang sempurna kecuali bintang laut yang tidak memiliki anus

8. Tidak memiliki sistem ekskresi

9. Perkembangbiakan terjadi secara seksual

Klasifikasi Echinodermata

Hewan ini dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu sebagai berikut.

1. Orinoidea, contoh Antedon sp.

2. Holothuroidea, contoh mentimun laut.

3. Echinoidea, contoh Diadema sp (bulu babi).

4. Asteroidea, contoh bintang laut.

5. Ophiuroidea, contoh Ophiothrix flagilisOphiopholis aculeate.

Untuk mengasah pemahaman kalian tentang Echinodermata, kerjakan soal-soal yang telah tersedia. Selamat belajar!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *